-->

Search News

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » SAR 115 Bali Adakan Bimtek Navigasi Berbasis Digital

 


BULELENG - SAR 115 Bali laksanakan BIMTEK Navigasi yang berbasis digital, 25 - 27 Agustur 2023. Ini merupakan sebuah pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompretensi dan pemahaman dari peserta mengenai dasar - dasar navigasi yang berbasis digital. 

Dengan hadirnya program ini, diharapkan masyarakat Indonesia semakin cerdas dalam bernavigasi dan diharapkan pula mampu membantu dalam pencarian dan pertolongan.




Sedangkan Navigasi sendiri adalah penentuan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya maupun pada peta. Namun pada dewasa kini kerap tersesat dan tidak tahu arah tujuan pada saat berkendara maupun di alam bebas.

Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas masih buta navigasi. Minimnya pengetahuan mengenai navigasi di Indonesia mengakibatkan banyak orang yang tersesat dan hilang arah.




Angka orang - orang yang hilang dalam ekspedisinya semakin hari semakin meningkat, hal ini tentu membuat kekhawatiran dalam menjelajahi alam bebas.

Sedangkan SAR 115 Bali merupakan suatu organisasi yang bergerak dalam bidang pencarian, pertolongan dan penyelamatan jiwa manusia yang sedang dalam bahaya khususnya di Provinsi Bali. SAR 115 berdiri pada tahun 2012 dan SAR 115 Bali resmi berdiri pada 17 Maret 2017.




Visi dan Misi-nya adalah, Mendukung setiap operasi SAR bagi potensi SAR Gabungan dalam setiap operasi SAR di wilayah Provinsi Bali, Sosialisasi Emergency Call 115 hingga ke pelosok desa, Sarana edukasi SAR & kebencanaan Potensi SAR, Sarana komunikasi, operasi dan mitigasi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah
mengedukasi masyarakat Indonesia agar lebih cerdas dan tidak buta navigasi.




Menjalin dan mempererat tali persaudaraan antara satu pihak dengan yang lainnya.

Untuk jangka panjang dapat membantu Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana
(BNPB) dalam melakukan pencarian, pertolongan serta penyelamatan korban.

Menyebar luaskan pengetahuan navigasi agar dapat berguna bagi diri sendiri, semua orang bangsa dan tanah air.

Deskripsi acara, Pengenalan dasar - dasar navigasi darat dan navigasi digital dengan menggunakan aplikasi Navitel dan Garmin Basecamp.

Mempraktekan teori yang telah dipelajari sebelumnya dengan mencari titik koordinat secara tepat dan akurat dengan memperhatikan peta digital dan membandingkan dengan rupa
bumi yang sebenarnya. 

Melaksanakan simulasi pencarian
korban. (Tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama