-->

Search News

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » SMAN 3 Denpasar Ngaturang Ngayah Karya Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih

Tari Rejang Dewa yang ditarikan oleh siswi TRISMA


KARANGASEM - Serangkaian Upacara Bhatara Turun Kabeh, SMA Negeri 3 Denpasar ngaturang ngayah wewalen di Pura Agung Besakih Kamis, 20 April 2023 bertepatan dengan Tilem Kadasa.

Kegiatan rutin ini dipimpin langsung Kepala SMA Negeri 3 Denpasar, Kadek Dwi Rustinawati, S.Pd.,M.Pd. melibatkan Guru, Pegawai, Pengurus OSIS dan Siswa TRISMA dengan bersama ngaturang Tabuh Lelambatan, Tari Rejang Dewa, Tari Rejang Renteng, Topeng dan Kidung/Pesanthian.




“Kegiatan ngayah ini merupakan aktivitas yang rutin dilaksanakan SMA Negeri 3 Denpasar berkaitan dengan Pujawali di Pura Besakih. Kami selalu memberikan ruang kepada seluruh komponen sekolah untuk bisa meningkatkan sradha dan bhakti melalui aktivitas ngayah seperti ini, apalagi hal ini juga bentuk implementasi penerapan Kurikulum Merdeka juga bentuk Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, ”ujar Dwi Rustinawati.

Siswa TRISMA yang tergabung dalam Kelompok Ekstrakurikuler Tabuh Budhi Citta Sandhi sangat bersemangat mengiringi Tari Rejang Dewa yang ditarikan oleh siswi TRISMA yang tergabung dalam Kelompok Ekstrakurikuler Tari Sunari Kencana serta semakin bersemangat saat mengiringi Tari Rejang Renteng yang ditarikan oleh Guru dan Pegawai SMA Negeri 3 Denpasar.

Tari Baris Gede ditarikan oleh perwakilan siswa Kelas X juga menambah semarak tampilan TRISMA serta Tari Topeng yang ditampilkan tak kalah memukau dengan muatan materi filosofi yang dibawakan secara sederhana tanpa mengurangi pemaknaannya.

Pamedek yang tangkil ke Pura Besakih pun antusias serta turut mengapresiasi saat menyaksikan ayah-ayahan dari Keluarga Besar SMA Negeri 3 Denpasar.

Tidak dipungkiri bahwa penataan dan pembangunan fasilitas kawasan Suci Pura Agung Besakih membuat para pemedek (pengunjung) merasa nyaman bersembahyang.

Rasa nyaman, aman, tertib, hingga kesan bersih dan indah di kawasan suci suci tersebut yang memiliki pesona Gunung Agung. Tentu kondisi saat ini sudah sangat jauh berubah dan makin lebih baik.

" Kami Menghaturkan terima kasih kepada bapak Gubernur Bali, Wayan Koster yang telah hadir menata kawasan suci ini untuk kepentingan masyarakat Bali,” ungkap salah satu pemedek. (Ray/tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama