-->

Search News

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » Pengurus Baru DEKORNAS PUSKOR HINDUNESIA Siap Mengabdi Untuk Dharma Nusantara

 

Ketua Umum memegang Pataka Puskor Hindunesia

KARANGASEM - Setelah selesainya Mukornas I Puskor Hindunesia sebulan lalu, maka telah terbentuk Pengurus Baru dengan formasi personil yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi dan pengalaman. Mulai dari akademisi, pengusaha, aktifis, politisi, praktisi, kepemudaan serta pemerhati perempuan. 

Pada Minggu, 11 Desember 2022 dilakukan Pengukuhan oleh Ketua Dewan Penasehat Dekornas Puskor Hindunesia, Tjokorda Raka Kerthyasa, S.Sos, M.Si didampingi oleh para anggota Dewan Penasehat lainnya di Balai Pesandekan Suci Pura Besakih. 

Sebelum Pengukuhan dilakukan upacara Mejaya-Jaya di Penataran Agung (Padma Tiga) sebagai bentuk penegasan komitmen para pengurus untuk mengabdi secara tulus ikhlas (lascarya) pada. wadah perjuangan, pelayanan dan pengabdian dharma Nusantara tersebut. Upacara Mejaya-Jaya dipuput oleh Ida Pedand Gede Rai Putra Keniten dari Gria Gede Bakas. 

Ketua Umum terpilih, Dr. Ida Bagus K. Susena, S.Kom, mengatakan bahwa Pengukuhan Pengurus yang diawali dengan upacara Mejaya-Jaya ini adalah pijakan awal dalam memulai aktifitas organisasi 5 tahun kedepan, sebagai wujud mohon restu dan waranugraha pada para leluhur suci, para Dewa dan tentunya Hyang Widhi Wasa agar diberikan tuntunan dan jalan terbaik dalam mewujudkan visi Puskor Hindunesia. 

Beliau menambahkan bahwa ada banyak PR (pekerjaan rumah) yang harus dituntaskan oleh para Pengurus Dekonas dalam memaksimalkan fungsi organisasi agar bisa memberi manfaat dan daya guna pada umat Hindu Dharma di Nusantara ini.  Salah satunya, menurut beliau, adalah mewujudkan Big Data Hindunesia, lewat program Jaringan Global Umat Hindunesia (Jagat Hindunesia), melalui pengembangan dan penyebaran aplikasi berbasis teknologi informasi. 

Sementara, Ketua Dewan Penasehat atau Dewan Pembina Dekornas, Tjokorda Raka Kerthyasa, yang sekaligus sebagai Bendesa Adat Ubud dan Tokoh Puri Unud, merasa bangga bisa ikut menjadi bagian gerakan swadaya independen ini. Dan beliau akan berkontribusi aktif untuk menguatkan wadah ini agar terbangun kesadaran kolektif umat Hindu dalam mengurai berbagai permasalahan internal keumatan yang selama ini menjadi penghambat kemajuan dan kebangkitan Hindu di Indonesia..

Setelah prosesi Mejaya-Jaya, dilanjutkan dengan Pengukuhan Pengurus,.dengan dihadiri oleh Kasubdit Penyuluhan Dirjen Bimas Hindu Kemenag RJ, mewakili Bapak Dirjen, Dalam sambutan Dirjen Bimas Hindu menegaskan bahwa Direktorat akan memberikan dukungan dan siap bersinergi dengan Puskor Hindunesia dalam Pelayanan dan Pengabdian Umat Hindu di Indonesia. Karena visi misi Puskor Hindunesia sangat erat kaitannya dengan tugas Bimbingan Masyarakat Hindu yang diemban oleh Kementerian Agama. 

Pengukuhan ditandai dengan Pembacaan Sapta Prasetya Dharma Puskor Hindunesia, yang merupakan sumpah dan janji Pengurus Dekornas sebagai bagian dari keluarga besar Relawan Dharma Hindunesia. Tujuh janji mulia tersebut merupakan pegangan para relawan dharma (radhar) dalam melakukan pelayanan dan pengabdian di organisasi..

Acara ditutup dengan ramah tamah, makan siang dan foto bersama di area Bale Pesandekan Suci Pura Besakih. Sekjen Dekornas Puskor Hindunesia, Ir. Anak Agung Gde Agung, selaku koordinator acara menyampaikan terimakasih atas dukungan para pengurus Dekornas yang dikukuhkan, Dirjen Bimas Hindu, Jro Bendesa beserta Prajuru Adat Besakih, Pemprov Bali seta Pemda Karangasem, yang berkenan hadir dengan perwakilannya  Khusus bagi Bendesa Adat Besakih dan Prajuru Adat, Gungde Agung menyampaikan penghargaan dan terimakasih yang tinggi atas dukungan tempat dan fasilitas fisik selama berlangsungnya acara Pengukuhan Pengurus tersebut. (Kornas)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama