-->

Search News

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » » Komisioner Bonardo Aldo, Dukung Upaya Pemerintah tingkatkan ekonomi kreatif

 

Sertifikasi kompetensi sangat penting menunjang dalam meningkatkan ekonomi kreatif

GATRADEWATA NEWS | DENPASAR | Bonardo Aldo Tobing selaku Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang sedang melaksanakan kunjungannya ke sekolah Perhotelan Bali (SPB) dan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) Denpasar dalam rangka monitoring pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja, Jumat (11/6/2021).

Saat itu Aldo Tobing mengatakan bahwa BNSP akan terus mendukung upaya pemerintah dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi covid 19. Upaya tersebut dilakukan dengan, "Kita akan fokuskan program bantuan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) BNSP tahun 2021 pada sektor2 yang sangat terdampak pandemi covid 19 diantaranya pariwisata, "ujarnya.

Bantuan tersebut merupakan bantuan PSKK yang diberikan melalui LSP Pariwisata Bali International untuk mensertifikasi SDM bidang hotel dan restoran antara lain Hotel Four Season, Alila, Sovereign, Grand Inna dan hotel lainnya. Ia juga menambahkan bahwa, "BNSP memastikan pelaksanaan PSKK tetap menerapkan prinsip penjaminan mutu sertifikasi agar pengakuan yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan banyaknya sertifikasi kompetensi SDM Pariwisata khususnya Bali sebagai bukti pengakuan kompetensi diharapkan dapat memberi sumbangsih bangkitnya sektor pariwisata Indonesia paska pandemi covid-19," ujar Aldo Tobing.

Dalam era revolusi Industri 4.0 dan juga dalam pandemi covid 19, Aldo Tobing mengatakan bahwa Sertifikasi kompetensi merupakan keniscayaan, " Persaingan SDM semakin ketat dan mereka harus dituntut kompeten dalam bidang kerjanya, serta menguasai teknologi. Dari kolaborasi antara lembaga Pendidikan atau pelatihan dan Industri yang menghasilkan kompetensi dan mendapatkan sertifikasi yang syah akan menjadi nilai tawar tersendiri kedepannya, "ungkap Aldo. (Ray)


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama