-->

Search News

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » Tol Trans Jawa Bakal Terkoneksi Dengan Tol Gilimanuk-Tabanan di Bali

Gatradewata.News - Tol Trans Jawa bakal terkoneksi dengan Tol Gilimanuk-Tabanan di Bali. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengungkap rencana tersebut.
Dia bilang, nantinya akan ada tol melingkari pulau Bali. Trasenya dimulai dari Tol Gilimanuk-Tabanan yang akan terhubung dengan jaringan Tol Trans Jawa yakni Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).
“Ya kira-kira akan begitu logikanya kan. Apalagi kita juga mengharapkan dia juga nyambung dengan Tol Bali Mandara,” kata Danang Parikesit ketika ditemui di sela menghadiri sebuah acara di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (21/1/20).
Dia menjelaskan bahwa Tol Bali Mandara yang saat ini sudah beroperasi, membutuhkan dukungan infrastruktur lain untuk bisa berkembang. Jika tidak, maka tol tersebut terancam sepi peminat.
“Karena kan Bali Mandara ini jalan tol yang sangat tergantung pada proyek-proyek pemerintah ya. Kalau jalan alternatif tidak diperbaiki kan traffic-nya drop,” imbuhnya.
Danang memang belum memberikan detail trase Tol Gilimanuk-Tabanan ini. Namun yang jelas, dia menegaskan bahwa rencananya tol tersebut akan menjadi penghubung penting antar wilayah pesisir Bali.
“Itu kan dari Tabanan dulu kemudian ke daerah Denpasar. Jadi itu akan nyambung, kemungkinan besar kan merupakan sabuk Pulau Bali,” urainya.
Saat ini, proyek tersebut masih dalam tahap studi kelayakan. Danang menyebut, setidaknya perlu waktu 8 bulan untuk menyelesaikan studi kelayakan tersebut sebelum ditentukan pemberian izin prakarsa.
Ditargetkan, pada akhir tahun 2020 ini proyek ini sudah mendapatkan kepastian untuk berlanjut ke proses tender atau tidak.
“Sekarang ini dokumennya ada di Ditjen Pembiayaan Infrastruktur untuk proses studi kelayakannya. Kalau memang itu disetujui nanti pasti tugas kami untuk kita tenderkan,” katanya. (cnbc/red)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama