-->

Search News

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » Layanan Kesehatan Puskor Hindunesia pada Pujawali Pura Samuan Tiga Libatkan RS BROS

 

PUSKOR HINDUNESIA, Pelayanan keumatan tanpa pamrih dalam bidang kesehatan pada Pujawali Kahyangan Jagat di Cagar Budaya Pura Samuan Tiga, Bedulu, Gianyar.


GIANYAR - Gerakan Pusat Koordinasi (PUSKOR) Hindu Indonesia (HINDUNESIA), melakukan pelayanan pos kesehatan medis dan pijat tuna netra pada Pujawali Kahyangan Jagat di Cagar Budaya Pura Samuan Tiga, Bedulu, Kabupaten Gianyar, Bali.




Puskor Hindunesia kali ini menggandeng Rumah Sakit (RS) Bali Royal Hospital (BROS), Puskesmas Bedulu dan DPC Persatuan Tuna Netra (Pertuni) Gianyar untuk melakukan Pelayanan Kesehatan Gratis, Jumat (12/05/2023), Pukul 09.00 wita - pukul 13.00 Wita.

Menemui Ketua Umum Dewan Koordinator (Dekornas) Puskor Hindunesia Ida Bagus K. Susena (Gus Sena), mengatakan bahwa jenis layanan yang dilakukan adalah meliputi, pemeriksaan kesehatan, Pengobatan Standar pelayanan kesehatan (yankes) lapangan dan juga ada layanan pijat dari relawan dharma tuna netra Gianyar. 

" Begitu pentingnya tempat yang penuh sejarah ini, yang merupakan Pura Kahyangan Jagat dan memiliki sejarah penyatuan Hindu di Bali khususnya serta Nusantara "

" Berbagai paham (paksha) yang ada di Bali tercerai berai yang sekarang ini dan dilaksanakan pesamuan (tempat rapat) oleh Mpu Kuturan untuk menyatukan semua, " Jelas Ketua Umum (ketum) Puskor Hindunesia ini.

Konsep filosofi Satyam, Sivam dan Sundaram ini tambahnya, menambahkan dengan pelayanan kesehatan dan kemanusiaan sebagai pelengkap bakti relawan dharma (sebutan dari anggota Puskor Hindunesia) bagi Hindu dan sosial kemanusiaan.

Lanjut menemui Dewa Putu Sudarsana selaku wakil ketua Dekornas Humas Puskor Hindunesia, ia menerangkan bahwa kerjasama pelayanan kesehatan ini kedepan akan terus digalakkan di Pura - pura Sad Kahyangan, desa adat di Bali yang membutuhkan pelayanan kesehatan seperti ini.

" Tetapi tidak hanya itu, kami juga melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) diseluruh Bali dan Nusantara "

Kemudian lanjutnya, untuk pelayanan kesehatan non medis juga akan dikolaborasikan dengan Universitas Hindu (Unhi) terutama tentang Usadha Bali (pengobatan tradisional Bali).

" Puskor Hindunesia juga hadir bagi pengobatan tradisional Bali (Usadha Bali) yang berbasis Ayur Wedha dan kesehatan yang lainya, " pungkas Dewa Sudarsana.

Dewa Nyoman Neka selaku Perbekel Desa Kemenuh mengapresiasi kegiatan kesehatan berbasis keumatan.

" Yowana - yowana (generasi muda) yang kita bangun adalah SDM-nya, kedepan hubungan ini akan terjalin terus dengan Puskor Hindunesia, " pesannya.

Perwakilan Bendesa Samuan Tiga selaku Penyarikan / juru surat (Sekretaris) Jro Made Sweca juga mengucapkan sebesar - besarnya kepada Puskor Hindunesia dalam pelayanan keumatan seperti ini. (Ray)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama