-->

Search News

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » Pengalihan BBM Non Industri, disebut tidak ada!

 

Pertemuan dengan PT SGN

GATRADEWATA NEWS|KARANGASEM| PT. Sentana Giri Nusa (SGN) di Banjar Luhur Desa Padangbai Karangasem yang menjadi sorotan karena keberadaan gudang tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) dipenuhi mobil-mobil tangki parkir. Yang konon dikatakan sebagai transit mobil tangki pengangkut BBM yang hendak diseberangkan ke Nusa Penida.

"Kalau izin untuk elpijinya sudah. Kalau izin kendaraan juga sudah. Cuman izin gudang tangkinya belum, masih dalam proses," terang I Wayan Rosta selaku Manager Marine Giri Nusa, Sabtu (14/11)

Mereka menjelaskan bahwa tempat sekarang hanya digunakan sebagai transit sementara. Yang juga dijelaskan bahwa pihak perusahaan juga telah berkontribusi Rp 60 juta setiap bulan untuk desa. Lebih lanjut rencana ke depan dibuatkan gudang beratap dan dipagar. "Nanti kita buatkan atap," ujarnya.

Ketika ditanyakan tentang ada tidaknya aturan dari PT. Pertamina tentang membolehkan transportir angkutan BBM untuk bisa transit. Menurut Alit Suryaniti selaku Manager PT. SGN mengatakan tidak diperbolehkan. Dan kenapa pihaknya selama ini singgah di gudang setempat, beralasan kapal ke Nusa Penida jadwalnya tidak menentu lantaran faktor alam.

"Karena harus menyesuaikan jadwal kapal. Kadang-kadang kan kapal lambat nyandar, kendala dermaga, cuaca sementara tidak diperbolehkan kendaraan BBM itu berhenti (parkir) di pelabuhan. Sesuai ketentuannya seharusnya memang tidak boleh. SOP (prosedur standar operasi) dari depo harus langsung ke tempat tujuan. Tapi ini karena untuk menyesuaikan dengan jadwal kapal," terang Alit Suryaniti.

Disinggung terkait kemungkinan adanya praktik pengalihan BBM non industri ke khusus industri, ia mengatakan hal itu tidak ada. Ia berdalih mobil-mobil tangki yang terisi BBM dari depo dalam kondisi tersegel. Begitu juga keberadaan adanya tangki penampungan di areal gudang dikatakan hanya ditempatkan sementara dan akan dipakai untuk SPBU di luar daerah.

"Itu tidak ada (pengalihan BBM dari mobil tangki non industri ke industri). Karena kendaraan yang sudah terisi di depo itu kan ada segelnya. Itu baru bisa dibuka di tempat tujuan," tegas Alit Suryaniti.

Perlu diketahui sebelumnya, tidak jauh dari lokasi gudang ini pihak Dit Reskrimsus Polda Bali pernah mengamankan praktik mobil tangki BBM kencing dalam sebuah gudang di Desa Antiga, Manggis, Karangasem, 13 Desember 2018.

Dalam penggerebekan tersebut, pihak Kepolisian mengamankan barang bukti, diantaranya dua buah pita segel yang diduga digunakan untuk menyegel ulang setelah mobil tangki tersebut memindahkan sebagian BBM yang dibawanya alias 'kencing'.(tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama