-->

Search News

News

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Nasional

Pariwisata

Life & style

Musik & Film

Profile

Model & Fashion



» » » » Gubernur Wayan Koster Buka Pameran Anggrek Internasional Sebagai Implementasi Wana Kerthi

 

Wayan Koster membuka pameran anggrek Internasional

DENPASAR - Lindungi Tanaman Endemik Bali, Gubernur Koster Tugaskan Dinas Pertanian Research Spesies Anggrek di Bali, Gubernur Bali, Wayan Koster yang didampingi Ketua DPD Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Provinsi Bali, Ny. Putri Koster, Ketua DPP PAI, Rita Subowo dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Sunada secara resmi membuka Pameran Anggrek International bertajuk,


“Anggrek KemBali”

di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, Jumat (Sukra Umanis, Kelawu) 5 Mei 2023 yang ditandai dengan pemukulan gong serta memberikan hadiah kepada pemenang lomba anggrek, lomba landscape anggrek, lomba fotografi anggrek, dan lomba merangkai bunga.




Gubernur Wayan Koster dalam sambutannya mengapresiasi atas
terselenggarannya Pameran Anggrek Internasional di Bali yang sejalan dengan visi pembangunan Bali yaitu, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Dalam visi ini terdapat salah satu program penting dan prioritas adalah mengembangkan dan melindungi tanaman lokal endemik Bali. Karena
Bali mempunyai kekayaan tumbuh – tumbuhan flasmamufah yang cukup kaya, termasuk anggrek.

" Oleh karena itu, Saya sangat mendukung acara ini dengan harapan anggrek endemik Bali bisa dikembangkan, baik itu mengembangkan spesiesnya dengan cara melakukan budidaya serta rekayasa genetika agar terkembangnya berbagai varian tentang anggrek, baik anggrek yang ada di Indonesia maupun di Bali "

“Pengetahuan tentang anggrek
Saya dapatkan dari Ibu Putri Koster, dimana anggrek di Indonesia memiliki berbagai jenis spesies, termasuk anggrek lokal atau endemik Bali juga memiliki beranekaragam spesies yang jumlahnya mencapai sekitar 30 lebih spesies, termasuk yang terkenal adalah anggrek lenjong,” jelas Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini yang disambut apresiasi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini juga mendorong Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali melakukan penelitian terhadap spesies anggrek dengan mengandeng Badan Riset dan Inovasi
Dearah (BRIDA) Provinsi Bali, Fakultas Pertanian Universitas Udayana hingga lembaga lainnya.

“Anggrek perlu dikembangkan, jangan hanya memikir dagangan atau ekonomi di hilir semata, namun buat dimuliakan keberadaan anggrek ini sesuai kearifan lokal Wana Kerthi yang menyucikan dan memuliakan berbagai jenis tumbuh – tumbuhan,” ujar Gubernur Bali jebolan ITB ini yang sebelumnya telah memprogramkan kegiatan penelitian terhadap bunga gumitir bersama Institut Pertanian Bogor dengan keluarnya Gumitir Bali Sudamala.

Ketua DPP Perhimpunan Anggrek Indonesia, Rita Subowo menyampaikan anggrek merupakan industri yang dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia secara nasional maupun internasional.

" Karena itu, Kami berharap mudah – mudahan Pameran Anggrek International di Bali ini menjadi festival tahunan yang menjadi temu ajang para pecinta anggrek di tanah air, tetapi juga mempersatukan komoditi anggrek dari luar negeri untuk bisa hadir selain bisa melihat keindahan Bali dan juga melihat keindahan anggrek di Indonesia.

“Bali sebagai daerah tujuan pariwisata dunia yang memiliki potensi luar biasa akan menjadi aset di dalam pengembangan dan pemasaran anggrek, apalagi Indonesia memiliki spesies anggrek terkenal di dunia,” ujarnya sembari mengucapkan terimakasih atas dukungan Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster bersama Ketua DPD PAI Provinsi Bali, Ny. Putri Koster yang telah menggelar Pameran Anggrek Internasional.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Sunada melaporkan Festival Anggrek Internasional ini dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 4 sampai dengan 14 Mei 2023 bertempat di Lapangan Utama Niti Mandala Renon - Denpasar.

Dalam pameran ini ditampilkan aneka anggrek lokal dan Hibrida turunannya, yang diikuti oleh perwakilan PAI, pengusaha anggrek dan florikultura dari seluruh Indonesia, dengan jumlah stand 80 buah. Kemudian, ada juga delegasi asing yang mengikuti pameran ini terdiri dari delegasi Singapura, Kesavan – President of OSSEA (Orchid Society of South East Asia) Singapura, delegasi dari Malaysia, Prof. Dr. ManoharMariappan - Dept.Ecotorism, University Putra Alam, Malaysia, dan delegasi dari
Taiwan, Ken Yang, Youth Associate of TOGA (Taiwan orchid Grower
Association) (Tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama